Rumah sakit menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat untuk melakukan pelayanan kesehatan individu dengan baik. Kualitas rumah sakit bisa diukur dengan kepuasan pasien, pelayanan kepada pasien, mutu rumah sakit, dan fasilitas rumah sakit. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengurangi masalah yang berdampak pada kualitas rumah sakit yaitu defect dengan metode Lean Six Sigma. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengurangan defect untuk meningkatkan kualitas rumah sakit dengan Lean Six Sigma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Sebagai fasilitas yang selalu dibutuhkan masyarakat dan sebagai industri di bidang kesehatan, kualitas atau kepuasan pasien adalah hal yang perlu diusahakan. Rumah sakit perlu terus melakukan perbaikan dan perubahan secara berkala. Maka dari itu diperlukan metode Lean Six Sigma yang bertujuan untuk mengurangi defect dalam kualitas pelayanan rumah sakit. Berikut langkah-langkah dalam mengurangi defect dilakukan secara sistematis menggunakan DMAIC. Dengan melakukan pendefinisian (define), pengukuran (measure), penganalisaan (analyze), perbaikan (improve), dan pengendalian (control).
Copyrights © 2024