Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan sesama. Bahasa yang bersifar arbiter memiliki fungsi (1) untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, (2) fungsi persuasi eksplorasi yaitu penggunaan bahasa untuk menjelaskan suatu hal, perkara dan keadaan, (3) fungsi melakukanatau tidak melakukan, (4) fungsi entertaimen yaitu penggunaan bahasa dengan maksut menghibur perasaan batin. Metode yang digunakan dalam pene;itian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif dan subjek penelitianya ialah siswa kelas 3B SDN Gembira. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara .mengamati,mendengarkan, dan mencatat aktifitas dalam proses pembelajaran tentang pengaruh bahasa daerah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia Peristiwa campur kode dilakuka oleh siswa dan guru. Peristiwa tersebut terjadi kerena penggunaan bahasa daerah pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia sedangkan saat pembelajaran dituntut untuk menggunakan bahasa Indonesia, sehingga secara spontan peserta didik mengkombinasikan kedua bahasa tersebut.
Copyrights © 2022