Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka Pelita Nusantara
Vol. 2 No. 2 (2024): Edisi Februari

Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Guru Yayasan Cordova di Tanggerang

Hasbullah, H (Unknown)
Sajiman, Supardi Uki (Unknown)
Rahmawati, Eva Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar  agar  sesuai  dengan  Kompetensi  Dasar  pada  hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dirancang untuk satu pertemuan atau lebih dan dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP mencakup: (1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar. Metode pelatihan yang dilakukan adalah ceramah, diskusi dan praktek langsung. Hasil pelatihan ini menunjukkan antusias para guru dan terjadi peningkatan pemahaman para guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan dibuktikan dengan hasil pembuatan RPP saat pelatihan. Hendaknya dilakukan secara terus-menurus pelatihan kepada guru khususnya pelatihan penyusunan RPP bagi guru Swasta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPMP

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyaraka Pelita Nusantara adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian, inovasi, dan pemberdayaan. Jurnal ini bertujuan untuk mendukung penyebarluasan hasil pengabdian akademisi, peneliti, dan praktisi dalam ...