Pengemasan dan pelabelan produk menjadikan produk lebih menarik dan melindungi produk. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Seperti halnya di UD Pangan Alam, dimana produk dijual secara partai tanpa diberi label dan kemasan. Kemudian oleh pelanggan akan dikemas dan diberi label dan dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli dari UD. Pangan Alam. Belum adanya pelabelan dan pengemasan yang baik mengakibatkan penjualan secara ecer yang dilakukan oleh UD. Pangan Alam belum maksimal. Oleh karena itu tim pengabdi memberikan pendampingan dan pelatihan dengan tujuan untuk meningkatan penjualan pada UD Pangan Alam melalui pelabelan dan pengemasan. Adapun pendampingan dilakukan dengan memberikan informasi tentang manfaat pengemasan dan beberapa alternative pengemasan. Sedangkan pelatihan dilakukan dengan  cara memilih dan menentukan pengemasan yang benar dan menyesuaikan dengan produk yang akan dikemas. Pengabdian dilaksanakan mulai dari observasi sampai produk siap dijual dengan diberi label dan dikemas. Hasil dari pelatihan ini UD Pangan Alam sudah menggunakan kemasan bawang merah goreng berbahan plastik bening berupa pouch dan toples dengan berbagai ukuran dan pelabelan sudah dibuat dari stiker yang ditempel pada kemasan dengan informasi yang lebih lengkap dan menarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024