Buletin Poltanesa
Vol 23 No 2 (2022): Desember 2022

Pendampingan Penggunaan Learning Management System (LMS) “SIPAKAINGE” Pada Guru Di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Rustam Efendy Rasyid (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Wahyudi (Bisnis Digital, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Usman M (Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penggunaan LMS (Learning Management System) bagi guru dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran Kreatif Inovatif untuk Generasi Emas (SIPAKAINGE). Kegiatan ini dilaksanakan di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan pendampingan LMS kepada guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang dengan rincian kegiatan mulai dari survei, sosialisasi, dan pendampingan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS-26. Dari penelitian ini diketahui bahwa guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang membutuhkan LMS untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, untuk kelancaran LMS ini, para guru membutuhkan pendampingan dan pelatihan. Dengan pendampingan ini, para guru termotivasi dan lebih percaya diri untuk menggunakan LMS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...