QAZI : Journal of Islamic Studies
Vol 1 No 2 (2025): 2025

Analisis Semantik Kata “Ilm” Dalam Al-Qur'an Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam

Anjclan Jafar (Unknown)
Badrul Muslim (Unknown)
Muhammad Farhan (Unknown)
Yuda Al Baihakki (Unknown)
Deassy Arestya Saksitha (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Kata “'Ilm” dalam Al-Qur'an memiliki makna yang luas dan mendalam, mencakup konsep pengetahuan, pemahaman, dan kebijaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna semantik kata “'Ilm” dalam berbagai konteks ayat Al-Qur'an serta menafsirkan maknanya dalam pendidikan Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata “'Ilm” tidak hanya mengacu pada pengetahuan secara umum, tetapi juga mencakup ilmu wahyu, pengetahuan empiris, serta pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam. Selain itu, “'Ilm” dalam Al-Qur'an sering dikaitkan dengan konsep hikmah, tafakkur, dan tadabbur, yang menunjukkan bahwa pendidikan Islam tidak hanya menumpuk akumulasi informasi, tetapi juga refleksi kritis dan pengamalan ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini dalam pendidikan Islam adalah pentingnya penanaman paradigma ilmu yang berbasis wahyu, integrasi antara ilmu agama dan sains, serta penguatan metode pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat menjadi sarana untuk membentuk individu yang berilmu, berakhlak, dan memiliki kesadaran spiritual yang tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qazi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

QAZI : Journal of Islamic Studies with e-ISSN 3089-1221 p-ISSN 3089-123X is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QAZI: Journal of Islamic Studies are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the ...