QAZI : Journal of Islamic Studies
Vol 1 No 2 (2025): 2025

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Ulumul Quran Kepada Siswa

Kamarul Zaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Pemahaman Ulumul Quran merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Guru memiliki peran penting dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran pada siswa agar mampu memahami isi, konteks, dan makna Al-Quran secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru mencakup aspek sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator dalam pembelajaran Ulumul Quran. Dengan pendekatan yang tepat, pemahaman siswa terhadap Ulumul Quran dapat meningkat secara signifikan, yang pada akhirnya akan memperkuat keimanan dan ketakwaan mereka. Kesimpulan peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan pemahaman Ulumul Quran sangat penting dalam membentuk karakter dan pemahaman keislaman siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qazi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

QAZI : Journal of Islamic Studies with e-ISSN 3089-1221 p-ISSN 3089-123X is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QAZI: Journal of Islamic Studies are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the ...