Pandangan Filosofis Islam tentang Pengetahuan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan filsafat Islam mengenai pengetahuan dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Masalahnya termasuk bagaimana perspektif filosofis Islam mendefinisikan pengetahuan dan bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian kepustakaan. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan informasi melalui analisis dan ringkasan teks yang relevan dengan konsep filsafat pendidikan Islam dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Sumber data yang digunakan meliputi buku, jurnal, dan materi relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat Islam memandang pengetahuan sebagai bentuk cahaya yang menghubungkan manusia dengan kebenaran ilahi. Pengetahuan dalam konteks ini tidak hanya teoritis, tetapi juga praktis dan etis. Implikasi bagi pendidikan Islam antara lain pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kurikulum serta mengembangkan karakter siswa yang berorientasi pada kebijaksanaan. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam yang lebih holistik dan berlandaskan prinsip-prinsip filsafat Islam.
Copyrights © 2024