QAZI : Journal of Islamic Studies
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Pandangan Filsafat Islam Tentang Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

Linda Astria (Unknown)
Putri Nabilah (Unknown)
Salsabila Afifah Riswana (Unknown)
Herlini Puspika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pandangan Filosofis Islam tentang Pengetahuan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan filsafat Islam mengenai pengetahuan dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Masalahnya termasuk bagaimana perspektif filosofis Islam mendefinisikan pengetahuan dan bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian kepustakaan. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan informasi melalui analisis dan ringkasan teks yang relevan dengan konsep filsafat pendidikan Islam dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Sumber data yang digunakan meliputi buku, jurnal, dan materi relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat Islam memandang pengetahuan sebagai bentuk cahaya yang menghubungkan manusia dengan kebenaran ilahi. Pengetahuan dalam konteks ini tidak hanya teoritis, tetapi juga praktis dan etis. Implikasi bagi pendidikan Islam antara lain pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kurikulum serta mengembangkan karakter siswa yang berorientasi pada kebijaksanaan. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam yang lebih holistik dan berlandaskan prinsip-prinsip filsafat Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qazi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

QAZI : Journal of Islamic Studies with e-ISSN 3089-1221 p-ISSN 3089-123X is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QAZI: Journal of Islamic Studies are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the ...