Pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam membentuk aqidah atau keyakinan dan pola pikir serta karakter seorang individu yang mempraktikkan islam. Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap pembentukan karakter seorang muslim serta bertujuan mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data numerik berupa hasil kuesioner yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik guna menggambarkan fenomena yang sedang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online melalui Google form. Pada data penelitian ini peneliti ingin melihat keefektivitasan pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter seorang muslim, maka untuk uji selanjutnya yang digunakan oleh peneliti adalah uji nonparametric correlations. Berdasarkan output data terdapat korelasi positif yang sangat kuat dan signifikan secara statistik antara variabel P (x) dan variabel pembentukan karakter (y). Nilai koefisien korelasi mendekati dan nilai p-value jauh lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 dapat diterima, karena semakin tinggi nilai PAI seseorang maka semakin tinggi pula nilai pembentukan karakter atau kepribadian orang tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam dapat mempengaruhi karakter seseorang dalam menerapkan perilakunya sehari-hari
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024