Kurikulum sebagai bahan rujukan dalam proses pembelajaran harus mampu menciptakan dan mengantarkan peserta didik yang diharapkan masyarakat berdasarkan kebutuhan zamannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah dalam melaksanakan inovasi kurikulum pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan pembaharuan kurikulum maka harus melaksanakan penguraian kurikulum apa yang sedang di kembangkan dan apa saja yang perlu di kurangkan. Pada saat ini pengembangan kurikulum merdeka di madrasah maka identifikasi tidak terlepas dari kerangka ini. Pengembangan Kurikulum Merdeka di madrasah merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada karakter dan kompetensi peserta didik. Identifikasi dalam konteks ini tidak terlepas dari kerangka yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Agama. Kerangka Umum Kurikulum Merdeka (Fleksibilitas dan Kreativitas, Penguatan Karakter, Integrasi Materi) dan Implementasi Kurikulum di Madrasah (Standar Kelulusan dan Isi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Monitoring dan Evaluasi. Pengembangan Kurikulum Merdeka di madrasah tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Copyrights © 2024