QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Analisis Hasil Survei Refleksi Group Discussion Dalam Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif

Raja Gusti Mandari Siregar (Unknown)
Meyniar Albina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran kolaboratif menjadi pendekatan penting untuk meningkatkan keterampilan siswa, namun sering kali refleksi dalam diskusi kelompok kurang dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran refleksi dalam diskusi kelompok untuk mengembangkan pembelajaran kolaboratif yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (literature review) dan model analisis deskriptif untuk menginterpretasikan temuan dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa refleksi memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, keterampilan kolaborasi, dan pemahaman siswa. Siswa yang menerapkan refleksi secara terstruktur menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 15% dan kemampuan kerja sama meningkat sebesar 22%. Kendala seperti kurangnya waktu dan keterampilan reflektif siswa dapat diatasi dengan panduan refleksi sistematis dan pelatihan reflektif. Selain itu, refleksi berfungsi sebagai medium evaluasi proses diskusi kelompok sekaligus pengembangan strategi pembelajaran di masa depan. Oleh karena itu, refleksi harus diintegrasikan sebagai bagian strategis dalam pembelajaran kolaboratif untuk mendukung penguatan kompetensi abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...