Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah oleh para pelaku UMKM yang bergerak di bidang makanan, namun mereka sering menhadapai pemasalahan seperti dalam memasarkan produk mereka secara lebih luas. Keterbatasan modal, kurangnya tenaga kerja serta kurangnya pemahaman terhadap pemasaran online, serta masih bergantung pada cara pemasaran konvensional membuat daya saing produk ini terbatas. Selain itu aksesbilitas dan distribusi produk menjadi kendalam dalam menjangkau konsumen di luar wilayah lokal. Di era digital saat ini e-commerce menjadi solusi potensial untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pemasaran produk. Melihat permasalahan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem E-commerce menggunakan openchart untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk makanan UMKM supaya efektif dan ekonomis dengan adanya sistem e-commerce yang efesien diharapkan produk makanan UMKM di wilayah tersebut dapat lebih mudah ditemukan oleh Konsumen, mempercepat transaksi, serta memberikan dampak positif bagi perembangan ekonomi lokal. Promosi dari produk makanan UMKM ini masih dilakukan secara tradsional, dan belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Padahal, kemajuan teknologi saat sekarang ini sudah mengajak seluruh produk makanan agar dapat dikenal di pasar global. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys Design Development Implementation and Evaluation) . Hasil penelitian ini berupa sebuah media promosi berbasis web dengan menggunakan aplikasi openchart yang terbukti valid, praktis, dan efektif. Dengan penggunaan sistem e-commerce ini dapat memudahkan penjual dalam mempromosikan produk makanan secara lebih efektif dan ekonomis selain itu juga dapat mempermudah pembeli dalam melakukan pemesanan atau pembelian produk makanan ini secara online. Penerapan sistem e-commerce dengan menggunakan aplikasi openchart dapat meningkatkan daya saing serta promosi penjualan produk makanan UMKM yang ada di kecamatan Tualang. Abstractc This research is based on the problems of UMKM actors engaged in the food sector, but they often face problems such as in marketing their products more widely. Limited capital, lack of manpower and lack of understanding of online marketing, and still relying on conventional marketing methods make the competitiveness of this product limited. In addition, accessibility and distribution of products are obstacles in reaching consumers outside the local area. In today's digital era, e-commerce is a potential solution to expand market reach and increase product sales. Seeing these problems, this study aims to design an E-commerce system using openchart to increase the promotion and sales of MSME food products so that they are effective and economical. With an efficient e-commerce system, it is hoped that MSME food products in the region can be found more easily by consumers, speed up transactions, and have a positive impact on local economic development. Promotion of MSME food products is still carried out traditionally, and is not widely known by the public. In fact, the current technological advances have invited all food products to be known in the global market. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation) development model. The results of this study are in the form of a web-based promotional media using the openchart application which is proven to be valid, practical, and effective. By using this e-commerce system, it can facilitate sellers in promoting food products more effectively and economically, besides that it can also facilitate buyers in ordering or purchasing these food products online. The implementation of an e-commerce system using the openchart application can increase the competitiveness and promotion of sales of MSME food products in Tualang sub-district.
Copyrights © 2023