Jurnal Teknik Mesin UDA
Vol 2 No 2 (2025): DESEMBER

IMPLEMENTASI GAMES WORDWALL DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Adriana, Kamilah (Unknown)
Syafitri, Ely (Unknown)
Imamnur, Imamnur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall problem based learning dalam materi eksponen pada kelas X-3 SMA Negri 4 Kisaran pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Melalui dua siklus penelitian yang melibatkan pengukuran pra dan pasca intervensi, ditemukan peningkatan yang signifikan pada pemahaman konseptual peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 4 Kisaran. Selain capaian kognitif yang membaik, Wordwall juga berkontribusi pada peningkatan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran serta mendorong terbentuknya suasana kolaboratif di kelas. Hasil analisis kuantitatif memperkuat temuan ini, dengan peningkatan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dari 77,14% menjadi 82,85% secara berkelanjutan. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknologimesin

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Teknik Mesin UDA (p-ISSN:2776-2068 )  is a peer reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the field of mechanical engineering. The scope of the Mechanical Engineering Journal of the Padang State Polytechnic are: Energy : including: Renewable energy, ...