Jurnal Teknik Mesin UDA
Vol 2 No 2 (2025): DESEMBER

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS 6 UPTD SD NEGERI 122345

Sinaga, Martauli (Unknown)
Lubis, Nurafni (Unknown)
Sinaga, Rodearnita (Unknown)
Sibarani, Saniya (Unknown)
Meipry, Meipry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian-penelitian terdahulu menemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masih belum tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher terhadap hasil belajar siswa kelas 6. Model pembelajaran ini menekankan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, di mana setiap siswa berperan sebagai "guru" yang mengajarkan materi tertentu kepada teman sekelasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 6 dari salah satu sekolah dasar di kota Pematangsiantar yang terdiri dari 22 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model Everyone is a Teacher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran ini. Dapat disimpulkan bahwa model Everyone is a Teacher memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa kelas 6.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknologimesin

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Teknik Mesin UDA (p-ISSN:2776-2068 )  is a peer reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the field of mechanical engineering. The scope of the Mechanical Engineering Journal of the Padang State Polytechnic are: Energy : including: Renewable energy, ...