Jurnal Teknik Mesin UDA
Vol 2 No 2 (2025): DESEMBER

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Maika, Ruth (Unknown)
Sirait, Esti Marlina (Unknown)
Pasaribu, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 091617 Serbalawan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV pada materi sumber energi alternatif terhadap hasil belajar siswa memperoleh hasil rata-rata pre-test 48,28 dan rata-rata post-test 80,00 dengan presentasi peningkatan tes yaitu 16%. Setelah melakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, thitung > ttabel yaitu 24,48 > 1,70 dan taraf signifikan 0,05. Setelah melakukan perhitungan menggunakan rumus uji “t” maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Dari data diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 091617 Serbalawan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknologimesin

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Teknik Mesin UDA (p-ISSN:2776-2068 )  is a peer reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the field of mechanical engineering. The scope of the Mechanical Engineering Journal of the Padang State Polytechnic are: Energy : including: Renewable energy, ...