el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 7, No 1 (2024): el-ibtidaiy

Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Fadhilah, Nurul (Unknown)
Kusuma, Yanti Yandri (Unknown)
Marta, Rusdial (Unknown)
-, zulhendri (Unknown)
-, Fadhilaturrahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dari 30 siswa, ada 8 siswa yang masih belum lancar dengan ciri kesulitan mengidentifikasi lafal diftong (au, ai, ei, dan oi), lafal konsonan ganda (ng, ny, sy, kh dan kr), intonasi bacaan dan kelancaran membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 192 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 192 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan guru kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan yaitu: menggunakan media kata huruf diftong dan kata konsonan ganda, memberikan jam tambahan kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, menggunakan metode (metode ejaan, metode bunyi, dan metode suku kata), membaca nyaring, mendikte, melakukan kunjungan ke perpustakaan, memposisikan tempat duduk siswa sebagai tutor sebaya dan bekerjasama dengan orang tua untuk ikut memantau kegiatan membaca siswa di rumah.Kata kunci: Upaya Guru, Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...