Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis media Audiovisual terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif eksperimen yaitu one group pretest-posttest design. Desain ini merupakan pengembangan dari pre-experimental dengan pengumpulan data yang diperoleh dari Observasi, Tes Pemahaman Konsep dan Dokumentasi. Tempat penelitian ini akan dilakukan pada kelas IV SDN Banyumanik 02, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukan skor dari uji paired sample statistic t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 65 sedangkan nilai rata-rata posttest 81 serta skor uji hipotesis Paired Sampel T-Test dengan nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis media Audiovisual terhadap hasil belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Banyumanik 02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Banyumanik 02.
Copyrights © 2025