Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan kemudian tertahap suatu organisasi, lembaga atau gejala-gejala tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres 6/80 Ulaweng Riaja Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Fokus penelitian ini adalah manajemen inovasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi bagian kurikulum, perencanaan pembelajaran serta peserta didik dan evaluasi pembelajaran. Data dan sumber data yaitu Data primer dan data sekunder diperoleh dari sumber informan atau perseorangan seperti hasil wawancara dan hasil kuesioner yang dilakukan peneliti. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif berdasarkan yaitu Data Collection/ pengumpulan data, Data Display/penyajian data, Data Reduction/ reduksi data, Conclusion: drawing/ verifying atau penyimpulan data. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dijalankan sesuai dengan perencanaan sebelumnya dan dilaakukan supervisi terhadap pelaksanaan kurikulum enam bulan sekali atau satu semester. Selanjutnya apabila dilihat dari kualitas mutu lulusan mengalami peningkatan, yaitu dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kepribadian. Salah satu kendala yang sering dihadapi seorang guru Kendala utama yang dihadapi oleh SD Inpres 6/80 Ulaweng Riaja Kecamatan Amali Kabupaten Bone dalam mengImplementasikan manajemen K13 adalah kurangnya pemahaman guru tentang apa itu kurikulum 2013.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025