Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Peningkatan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran Melalui Metode Problem Solving dan Penerapan Gaya Belajar Secara Visual pada Siswa Kelas 11 Pekerjaan Sosial

Kholila, Zulfa (Unknown)
Zulkarnain, Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang peningkatan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang tahun ajaran 2023/2024. Adapun untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa tersebut melalui metode problem solving dan penerapan gaya belajar secara visual saat pelaksanaan proses pembelajaran. Kajian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah partisipasi aktif siswa saat proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan partisipasi aktif siswa saat mengikuti proses pembelajaran yang dilihat dari siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan partisipasi aktif siswa yang dilihat dari beberapa indikator pada siklus 1 memiliki tingkat partisipasi aktif siswa dengan rata – rata sebesar 44,79 persen dengan kategori tidak baik, kemudian pada siklus 2 meningkat rata – rata sebesar 84,37 persen dengan kategori baik. Dengan demikian penggunaan metode problem solving dan penerapan gaya belajar secara visual pada siswa kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...