AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 13 No. 2 (2025): Februari

Integrasi Nilai-Nilai Ibadurrahman dalam Surat Al-Furqon Untuk Pengembangan Guru Profesional Pendidikan Karakter

Ridwan Taufiq (Unknown)
Wahyudi, Adji Wahab (Unknown)
Assyah, Getta Sitti (Unknown)
Nurillah, Lulu Alawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

Kualitas karakter seorang guru memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Namun, meskipun telah banyak upaya untuk meningkatkan pendidikan, masih ada kesenjangan yang signifikan dalam pengembangan karakter di antara para guru. Penelitian ini mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Ibadurrahman dari Surat Al-Furqan  dalam mengembangkan karakter guru yang profesional, dengan menekankan kerendahan hati, kesabaran, integritas, dan komitmen terhadap kebenaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tinjauan literatur, mensintesiskan teori-teori pendidikan Islam dan penelitian-penelitian terdahulu tentang pengembangan karakter. Data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang membahas nilai-nilai Ibadurrahman dan implikasinya terhadap standar pengajaran profesional. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru yang mewujudkan nilai-nilai Ibadurrahman menunjukkan profesionalisme yang lebih tinggi dan integritas etika yang lebih kuat. Dibandingkan dengan model pendidikan karakter Islam lainnya, Ibadurrahman menawarkan kerangka kerja yang holistik, yang mengintegrasikan dimensi spiritual, moral, dan sosial dalam pengembangan guru. Studi ini menyoroti bahwa mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam program pelatihan guru dapat meningkatkan efektivitas pedagogis dan kepemimpinan moral di sekolah. Namun, studi empiris diperlukan untuk menilai dampak nyata dari prinsip-prinsip ini pada guru dan siswa. Studi ini berkontribusi pada literatur pendidikan Islam dengan mengusulkan kerangka kerja berbasis Al-Qur'an untuk pembentukan karakter guru, mendorong penelitian lebih lanjut tentang implementasi praktisnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...