Jurnal Family Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Family Education

Hubungan Antara Perilaku Belajar Peserta Didik Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Paket B Di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang

Panggabean, Augus Mahertah (Unknown)
Ismaniar, Ismaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perilaku belajar peserta didik di PKBM Anak Sholeh 85. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku belajar dan kemampuan menghafal peserta didik paket B serta membuktikan apakah ada hubungan antara perilaku belajar dengan kemampuan menghafal peserta didik di PKBM paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yakni peserta didik yang menempuh pendidikan pada jenjang paket B yaitu sebanyak 36 orang dengan mengambil sampel sebanyak 85% dari populasi yaitu sebanyak 30 peserta didik, menggunakan teknik random cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase serta product moment. Hasil Penelitian menunjukan: (1) Perilaku belajar peserta didik Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang tergolong rendah; (2) Kemampuan menghafal Al-Quran Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang tergolong rendah, serta; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku belajar peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Quran Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...