Kajian ini berupaya sebagai mengkaji dampak kualitas layanan, harga dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Smartshop Marelan. Metode kuantitatif digunakan sebagai strategi penelitian. Beberapa metode pengumpulan data yang diterapkan antara lain survei, analisis dokumen, dan observasi. Mengingat jumlah populasi yang tidak dapat dipastikan, besar sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Sebagai hasilnya, sebanyak 96 pelanggan terlibat dalam survei ini. Berdasarkan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung > t-tabel (2.144 > 1.9860) dan tingkat signifikansi 0.035 yang lebih kecil dari 0.05, kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (7.956 > 1.9860) dan tingkat signifikansi 0.0000 yang juga lebih kecil dari 0.05, temuan analisis ini mengindikasikan bahwa harga memberikan dampak yang baik dan signifikan kepada loyalitas klien. Relationship marketing juga mengasih damapk yang baik dan bermakna kepada kesetiaan pelanggan, yang dibuktikan dengan nilai t-hitung yang lebih tinggi daripada t-tabel (2,725 > 1,9860) dan tingkat makna yang terbatas dari 0,05 (0,008). Berdasarkan hasil uji F, nilai F-hitung (62,278) lebih besar dibandingkan dengan nilai F-tabel (2,70), dan nilai signifikansi 0,0000 < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan di Smartshop Marelan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas layanan harga dan relationship marketing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025