Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health
Vol 4, No 1 (2025): March 2025

Hubungan Status Gizi dan Kualitas Tidur Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman, Kabupaten Pesawaran, Lampung Tahun 2024

Yunanda, Yuda (Unknown)
Dalimunthe, Nathasa Khalida (Unknown)
Karyus, Aila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Latar belakang: Kebugaran jasmani anak sekolah mengacu pada kemampuan fisik yang dimiliki  anak-anak usia sekolah pada aktivitas sehari-hari dengan efisien dan tanpa kelelahan yang berlebihan. Anak usia sekolah termasuk kelompok yang rentan mengalami masalah gizi. Masalah gizi lebih dengan prevalensi 20,6% yaitu gemuk 11,1% dan sangat gemuk (obesitas) 9,5%. Adapun prevalensi kejadian pendek sebesar 23,6% dengan angka 6,7% sangat pendek dan 16,9% pendek. Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan antara status gizi dan kualitas tidur dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah nurul Iman, pesawaran tahun 2024. Pelaksanakan penelitian pada bulan Juni 2024. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional dan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman, Pesawaran. Dengan minimal 54 sampel yang didapat. Hasil tersebut ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan analisis statistik menggunakan uji chi square. Hasil: Hasil uji distribusi frekuensi diketahui siswa dengan nilai status gizi baik sebanyak 22 siswa (39,3%). Sedangkan pada kualitas tidur yang baik siswa diketahui sebanyak 41 siswa (73,2%) dan sebanyak 21 siswa atau (37,5%) memiliki tingkat kebugaran jasmani sedang. Kesimpulan: Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan hubungan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani siswa (p value = 0,000) namun tidak terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan tingkat kebugaran jasmani siswa (p value = 0,066). Saran: Sebaiknya tes kebugaran yang di lakukan tidak hanya lari 800 meter saja yang mengartikan jangka pendek melainkan jangka panjang artinya pengetesan secara bertahap di tiap minggu pertemuan penjaskes dengan  memantau setiap perubahan siswa baik dari segi fisiknya, staminanya dan waktu kelelahan. Yang bisa lebih menggambarkan kebugaran jasmani siswa secara keseluruhan aktifitas dan tidak di satu waktu saja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetish

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Nursing Public Health

Description

JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health is published twice a year: March and September. E-ISSN: 2964-2507 (Elektronik) P-ISSN: 2964-819X (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata 1. Education 2. ...