Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health
Vol 4, No 1 (2025): March 2025

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Tingkat SMP Sekolah Murid Merdeka Medan

Lailia, Syifa (Unknown)
Hodriani, Hodriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari penerapan Kebijakan Kurikulum Merdeka di tingkat SMP Sekolah Murid Merdeka (SMM) di Medan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis proyek yang diterapkan serta menilai kesesuaian proyek tersebut dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dari SMP SMM Medan. Data dianalisis dengan mengikuti tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMM Medan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) dan pembelajaran tatap muka berbasis proyek. Proyek P5 yang dilaksanakan meliputi pembiasaan doa universal, nusantara time, kelas ekspresi, pameran karya, dan field trip. Setiap proyek dirancang untuk mencerminkan nilainilai dalam Profil Pelajar Pancasila, seperti iman dan takwa, berkebhinekaan global, gotong royong, berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas. Pelaksanaan proyek P5 di SMM Medan berhasil mencerminkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, mendukung pembentukan karakter siswa, dan selaras dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetish

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Nursing Public Health

Description

JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health is published twice a year: March and September. E-ISSN: 2964-2507 (Elektronik) P-ISSN: 2964-819X (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata 1. Education 2. ...