Penelitian ini menggunakan model pembelajaraan Gallery Walk untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajan sejarah kelas XI SMA Plus Bina Bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Plus Bina Bangsa sebelum diberikan model pembelajaran Gallery Walk; 2)pengaruh dari model pembelajaran Gallery Walk terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Plus Bina Bangsa; 3)seberapa besar pengaruh model Gallery Walk terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Plus Bina Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen/eksperimen semu. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan angket yang terbagi atas pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berisi 20 siswa. Hasil penelitian menyatakan nilai post-test dari kelas eksperimen (60,35) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (51,3). Berdasarkan pengujian hipotesis maka diperoleh data yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Gallery Walk terhadap motivasi belajar karena diperoleh thitung ttabel atau 6,422 2,024 dan nilai sig(2tailed) 0,05 atau 0,000 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang mana artinya penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Gallery Walk yang diuji mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pelajaran sejarah kelas XI SMA Plus Bina Bangsa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025