Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health
Vol 4, No 1 (2025): March 2025

Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Fitria, Devi Viona (Unknown)
Hermita, Neni (Unknown)
Witri, Gustimal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum penataan ulang dalam sistem pendidikan di Indonesia yang di rancang untuk menyongsong perubahan dan kemajuan yang disesuaikan dengan perubahan zaman. Guru yang berperan sebagai fasilitator untuk mendampingi siswanya dalam proses belajar, memberikan kebebasan lebih kepada siswa untuk mengembangkan potensi diri mereka. Menurut Ki Hadjar Dewantara untuk menjadi seorang guru harus menerapkan konsep trilogi pendidikan yakni Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN 171 Pekanbaru yang terletak di Jl. Sepakat Perum MKP No. 13. Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SDN 171 Pekanbaru yang terdiri dari 11 guru. Data sekunder yang digunakan yaitu berupa hasil wawancara dan beberapa literatur-literatur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Dari hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa konsep trilogi pendidikan yang di cetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara harus dimiliki oleh setiap guru dan tenaga pendidikan di sekolah untuk menghasilkan siswa yang berbudi pekerti, kreatif, inovatif, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan demikian konsep trilogi pendidikan akan masih tetap relevan dengan pendidikan di Indonesia walaupun sudah sering kali berganti kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetish

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Nursing Public Health

Description

JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health is published twice a year: March and September. E-ISSN: 2964-2507 (Elektronik) P-ISSN: 2964-819X (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata 1. Education 2. ...