Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning yang dibantu oleh video pembelajaran pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan data yang dikumpulkan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi guru, observasi siswa, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang telah di pilah sesuai dengan nilai dan indikator yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran secara signifikan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan, dengan 82,35% siswa mencapai nilai KKM yaitu nilai 75. Hasil observasi terhadap guru menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan persentase 89,58%, sementara hasil observasi siswa menunjukkan kinerja yang sangat baik dan persentase 87,5%. Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran sangat positif, dengan 79,41% respon pada kategori "Sangat Sesuai", 11,25% pada kategori "Sesuai", dan hanya 2,79% pada kategori "Kurang Sesuai", tanpa ada respon pada kategori "Tidak Sesuai".Sehingga disarankan agar guru menggunakan video pembelajaran untuk memaksimalkan pembelajaran.
Copyrights © 2025