Journal of Education Action Research
Vol 7 No 4 (2023): November 2023

Media Pembelajaran Interaktif “KERKABA” Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah

Nike Pratiwi (Unknown)
Ery Tri Djatmika (Unknown)
Munzil (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran berdampak terhadap rendahnya aktifitas dan pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari. Sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran dalam bentuk pengembangan media yang mampu membantu proses pembelajaran sehingga lebih bermakna. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif “KERKABA” berbasis game edukasi yang layak dan valid dan menguji efektivitas hasil pengembangan dalam pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan teknik Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran “KERKABA” berbasis game edukasi ini menggunakan model Lee & Owens yang telah disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlaj 34 orang. Data dikumpulkan dengan metode lembar validasi, angket, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisi deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi dan ahli konsep menunjukkan bahwa media interaktif “KERKABA” berbasis game edukasi ini valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...