Journal of Education Action Research
Vol 8 No 1 (2024): February 2024

Peningkatan Penguasaan Kalimat Efektif terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar

Juniari, Made (Unknown)
Maria Goreti Rini Kristiantari (Unknown)
I Wayan Sujana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Penguasaan kalimat efektif siswa SD belum optimal diterapkan pada diri siswa. Hal tersebut membuat siswa masih mengalami kesulitan untuk menulis teks prosedur dan menentukan kalimat efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikasi antara penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dari 4 SD yang berjumlah 117. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penguasaan materi kalimat efektif yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula keterampilan menulis teks prosedur. Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kalimat yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...