Keterbatasan kemampuan guru dalam menguasai teknologi informasi, yang berdampak pada kurang efektifnya penyampaian materi dan pencapaian tujuan pembelajaran yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis e-modul interaktif berbasis tri hita karana meningkatkan hasil belajar peserta didik muatan IPA. Jenis penelitian yaitu pengembangan mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang guru. Metode penelitian berupa metode non tes dengan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas media terhadap validator diperoleh persentase 91% dari 2 orang ahli materi, 90% dari 2 orang ahli media, dilanjutkan dengan validator kepraktisan oleh 2 orang guru mendapat persentase 93% dan penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh 11 orang peserta didik SD sebesar 90%. Pengujian untuk efektifitas dari hasil uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (18,913 lebih dari 2,045) dan nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan Ha ditolak. Simpulan penelitian yaitu e-modul yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024