AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 14, No 1 (2025)

PENGEMBANGAN TES ASESMEN KOMPETENSI MAHASISWA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI

Badaruddin Amin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Baharuddin Baharuddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Fitriani Nur (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nursalam Nursalam (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Dian Angriani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Literasi numerasi merupakan keterampilan penting untuk memahami, menggunakan, dan berkomunikasi dengan angka, fakta, serta prosedur matematika dalam berbagai situasi dunia nyata. Pengembangan literasi numerasi menjadi sangat penting karena merupakan salah satu prasyarat keterampilan hidup di abad ke-21. Namun, pengukuran yang akurat dan sesuai terhadap kemampuan literasi numerasi mahasiswa masih memerlukan instrumen tes yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes asesmen kompetensi mahasiwa untuk mengukur kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Formative Research (Tessmer).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) tes yang dikembangkan berjumlah 50 butir soal yang terdiri dari 5 paket soal dan memiliki kualitas yang baik, dilihat dari hasil analisis validasi isi soal diperoleh rata-rata skor CVI sebesar 1 memenuhi kriteria valid, praktis berdasarkan rata-rata respons mahasiswa sebesar 90,4% dengan kategori sangat praktis, tingkat reliabilitas soal sebesar 0,94 dengan kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran rata-rata sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan daya beda rata-rata sebesar 0,23 dengan kategori cukup, 2) kemampuan literasi numerasi mahasiswa rata-rata sebesar 66,4 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes uji kompetensi mahasiswa untuk mengukur kemampuan literasi numerasi dinyatakan berkualitas baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...