Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2025): Februari 2025

MENGANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI BILANGAN PECAHAN PEBELAJARAN KELAS 3 SD N 1 GEBANGAN

Widyaningrum, Ratna (Unknown)
Kiswoyo, Kiswoyo (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi pecahan kelas III SD N 1 Gebangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas III. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data yang digunakan yaitu dengan triangualsi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika materi pecahan pada kelas III SD N 1 Gebangan yaitu kesulitan dalam menerapkan prinsip, dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pecahan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Yaitu, minat dan motivasi belajar yang kurang, kemampuan dalam memahami pelajaran (intelegensi), daya ingat, suasana belajar yang kurang kondusif, dan penggunaan media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...