Latar belakang penelitian ini karena belum optimalnya proses dan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Islam Al Fattah Semarang. Tujuan penelitian ini untuk dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan semester genap SD Islam Al Fattah Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 60%, (2) keaktifan siswa mencapai 67%, (3) rata-rata hasil belajar 70. Pada siklus II menunjukkan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 77%, (2) keaktifan siswa mencapai 79%, (3) rata – rata hasil belajar 75,90. Pada siklus II menunjukkan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%, (2) keaktifan siswa mencapai 87%, (3) rata-rata hasil dari belajar 83,40%. Jadi presentasi hasil belajar dan keaktifan siswa pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan tiap siklusnya. Disimpulkan bahwa (1) Mempermudah guru Dalam meningkatkan hasil belajar matematika (2) Pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning tercapainya ketuntasan belajar matematika.
Copyrights © 2025