Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di SMPN 6 Limbur Lubuk Mengkuang di kelas VIII semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa dengan menggunakan metode Cooperative Learning . Penelitian ini terinspirasi karena proses pembelajaran yang selama ini berlangsung untuk mata pelajaran PAI terjadi secara tradisional, hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama tiga siklus dengan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan dengan menggunakkan metode cooperative learning. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa latihan soal yang diisi oleh siswa, dengan langkah-langkah yang diterapkan seperti perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi untuk setiap siklus. Dari hasil akhir penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada semua indikator dari siklus pertama, siklus kedua ke siklus ke tiga, pada siklus pertama hasil evaluasi peserta didik yang tuntas 52% dan pada siklus ketiga mengalami peningkatan menjadi 84%, peningkatan ini sebesar 32%. Perubahan ini menunjukkan bahwa minat dan semangat belajar siswa semakin meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar PAI dari siklus pertama ke siklus ketiga merupakan dampak dari pembelajaran dengan metode CL.
Copyrights © 2024