Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 TANJUNG JABUNG TIMUR

Syaifudin Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan keterampilan berfikir kritis peserta didik SMP Negeri 24 Tanjabtim dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP negeri 24 Tanjabtim pada akhir bulan September sampai dengan akhir bulan Desember 2022. Data penelitian diambil dari siswa kelas IX A, yang berjumlah 28 siswa yang diamati sebagai responden, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berfikir kritis dari kedua siklus. Secara keseluruhan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Keterampilan berfikir kritis peserta didik kelas IX A SMP Negeri 24 Tanjabtim mengalami peningkatan Yaitu dari 2 Orang (7, 14%) pada pra siklus menjadi 9 orang (32,14%) pada akhir siklus kedua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan berfikir peserta didik kelas IX A SMP negeri 24 tanjabtim dalam pembelajaran PAI dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem based Learning (PBL).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...