JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Edukasi Nonformal

Peran Guru Fasilitator dalam Pembelajaran berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka

Dewi, Anita Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai fasilitator dalam PjBL di Kurikulum Merdeka, mengidentifikasi strategi yang digunakan, tantangan yang dihadapi, serta solusi yang diterapkan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan 40 siswa SMP dan beberapa guru sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis tematik dengan triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembimbingan bertahap, penyediaan sumber belajar tambahan, serta umpan balik formatif. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, kesiapan siswa, dan keterbatasan sumber daya. Solusi yang diterapkan guru meliputi adaptasi metode, bimbingan tambahan, serta pemanfaatan teknologi. Evaluasi terhadap 40 siswa menunjukkan peningkatan rata-rata skor berpikir kritis (3.9), kolaborasi (3.7), dan kreativitas (3.8) dalam skala 1-5.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...