COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 7 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pendampingan UMKM Kampung Jelujur Margajaya Dalam Meningkatkan Jangkauan Pasar dan Visibilitas Merek Melalui Strategi Pemasaran Yang Komprehensif

Ardila Wulandari (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Hanna Putri Wandasari (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Resky Metha Azzihcra (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Dina Mayasari Soeswoyo (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, analisis SWOT, dan wawancara beberapa permasalahan yang dialami oleh UMKM dari Kampung Jelujur Margajaya seperti visibilitas merek ini masih sangat terbatas, baik dari segi lokasi fisik, variasi produk yang ditawarkan, maupun kehadiran di platform media sosial. Merek ini baru memiliki akun Instagram dan belum memanfaatkan marketplace seperti Shopee atau Linktree untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, belum ada saluran komunikasi resmi seperti WhatsApp, nomor telepon, atau alamat email yang bisa dihubungi oleh calon konsumen. Maka dari itu tujuan kegiatan pendampingan ini untuk meningkatkan visibilitas merek, mengembangkan platform digital dan marketplace untuk meningkatkan penjualan, serta membangun branding melalui media sosial. Metode pelaksanaan dalam pendampingan ini dilakukan dengan cara kunjungan secara langsung, pendampingan serta implementasi strategi. Dalam pelaksanaan pendampingan ini yang pertama dilakukan adalah observasi, analisis SWOT, menyusun rencana pendampingan yang akan dilakukan selama proses pendampingan dan rencana selama kegiatan berlangsung, melakukan wawancara, dan metode Community Based Research (CBR) menggunakan pendekatan Forum Group Discussion (FGD), dan adanya kegiatan program eval_uasi berupa monitoring dari setiap kegiatan yang telah dilakukan demi tercapainya target yang ditentukan. Kegiatan pendampingan ini telah berhasil membantu UMKM Kampung Jelujur Margajaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran, lebih mampu berdaya saing dan diketahui di pasar yang lebih luas, membuat berbagai platform sosial media dan juga marketplace, membuat berbagai konten yang hasilnya terdapat peningkatan jumlah viewers, komentar, likes, dan followers yang cukup meningkat, serta peningkatan pembelian melalu digital marketing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...