Zepeto adalah game sekaligus media sosial virtual realitas yang sering disebut the next of Metavers, dikemas dengan adanya dunia untuk berinteraksi atara user satu dan lainnya. Reserch ini bertujuan mengamati estetika item, gerakan, dunia, maupun moment yang tersedia di Zepeto agar bisa dimaknakan dan dikomparasi dengan realitas yang ada. Manfaatnya mengedukasi generasi mendatang di perkembangan digital yang massive agar dapat menggunakan media / game dengan bijak. Pendekatan metode penelitan ini menggunakan landasan teori Semiotika Roland Barthes, sementara untuk mencari validitas Eskapisme Zepeto meggunakan metode Lingga Yoni tentu diimbangi dengan observasi sebagai player di Zepeto. Hasil Reserch menunjukan Zepeto mencerminkan simbolisme kebebasan dan keinginan untuk melarikan diri dari norma-norma sosial atau ekspektasi. Sama seperti media sosial pada umumnya yang memiliki sisi positif dan negatif. Kesimpulanya Visual Estetika Game Zepeto menarik minat user baru bahkan menginspirasi para developer untuk menciptakan game sejenis, Player dapat berfantasi dan membangun identitas sebagai personal yang merka inginkan hanya menggunakan item, bahkan bisa dibuat sendiri dan diperjual belikan di Zepeto. Eskapisme tetntunya dapat dibuktikan validasinya dengan pembuatan kreatifitas identitas, reproduksi keberlanjutan, serta simbolisme kebebasan yang dipaparkan pada literasi Lingga Yoni. Bayangkan ketika online shop metode pembayaran digital sudah bisa dilakukan secara virtual. Maka di masadepan mungkin keseharian dan aktivitas kita dijalankan secara virtual juga.
Copyrights © 2025