Kemampuan berpikir kronologis merupakan kemampuan dasar dalam mempelajari sejarah, maka untuk mencapai beberapa tujuan dalam mempelajari sejarah peserta didik harus memiliki kemampuan dasar dalam berpikir sejarah yakni kemampuan berpikir kronologis. Maka untuk dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologisnya peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yakni media e-booklet berbasis timeline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-booklet berbasis timeline pada materi Indonesia masa kolonial untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas XI SMAN 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validasi ahli untuk media e-booklet berbasis timeline memperoleh persentase 88% dari ahli materi, 94% dari ahli media, 88% dari penilaian siswa uji coba kelompok kecil, dan 86,2% dari penilaian siswa uji coba kelompok besar dengan kategori keseluruhan “sangat layak”. Selain itu, hasil pretest-posttest dari kedua kelompok menunjukkan hasil n-gain score dengan kategori sedang pada uji coba kelompok kecil dan kategori tinggi pada uji coba kelompok besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa media e-booklet berbasis timeline efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas XI SMAN 12 Pekanbaru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024