Equator Journal of Management and Entrepreneurship
Vol 12, No 1 (2024): Equator Journal of Management and Entrepreneurship

Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Halal Pada Mahasiswi di Pontianak

Aya Sofia Ardelia (Tanjungpura University)
Faishol Luthfi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Islamic branding yang menjadi konsep yang relative baru dalam praktek branding secara islam sehingga menarik perhatian bagi para akademisi serta praktisi. Jumlah masyarakat muslim di Indonesia mencapai 241,7 juta jiwa, sehingga menjadikan konsumen muslim sebagai sasaran bagi produsen dalam memasarkan produk mereka. Produk kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Oleh karenanya, penting bagi konsumen muslim dapat lebih teliti dan selektif dalam memilih kosmetik yang aman dan halal sesuai syariat islam. Oleh karena itu, untuk memastikan produk aman dan halal konsumen muslim dapat memerikasa produk yang telah diperiksa oleh BPOM dan MUI. Hal ini tentunya karena masyarakat muslim berkewajiban untuk mengkonsumsi yang halal. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh Islamic BrandingĀ terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik halal pada mahasiswi di Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitaif dengan dilakukan penyebaran kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan Teknik analisis regresi linier sederhana yang dibantu dengan program SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Branding tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Konsumen Kosmetik Halal pada mahasiswi di Pontianak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmdb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Naskah merupakan hasil penelitian dan studi pustaka di bidang manajemen, ekonomi dan kewirausahaan. Bidang manajemen meliputi hasil penelitian dalam tata kelola perusahaan, pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan pemasaran, pengelolaan produksi dan operasi, pengelolaan ...