Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang berkembang pesat dan memiliki peran pital dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan potensi alam yang melimpah, warisan budaya dan daya Tarik lainnya, sektor pariwisata memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan pembangunan ekonomi, sosial di banyak negara. Meskipun memiliki potensi besar, pengembangan sektor pariwisata di indonesia masih dihadapkan dengan beberapa tantangan, seperti infrastruktur yang belum memadai, kurangnya tenaga kerja terampil, dan pengelola pariwisata yang belum optimal. Namun demikian berbagai peluang juga terbuka lebar untuk memajukan sektor pariwisata di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan datanya menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan angket. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 99 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap penambahan satu skor kualitas pelayanan akan menaikan kepuasan pelanggan sebesar 0,393. Hasil uji t mendapatkan nilai t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil koefisien determinasi Rsquare sebesar 73,8% dan sisanya sebesar 26,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024