Pada era digital saat ini konten mengenai investasi dapat diakses dengan mudah melalui berbagai akun media sosial tanpa penyaringan sehingga tidak semua konten mengenai investasi tersebut mengarahkan investasi yang baik kepada public. Influencer sebagai pihak yang berpengaruh turut hadir dalam mengedukasi publik di media sosial mengenai investasi melalui konten yang dikemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik konten investasi pada akun Youtube @felicia.tjiasaka yang rutin membuat konten mengenai investasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi dan teori komunikasi informatif oleh Shannon dan Weaver. Kompetensi literasi digital diadaptasi dari tiga kompetensi yang dikembangkan oleh Smith & Storrs (2023). Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dengan mengumpulkan sampel berupa empat video edukasi investasi pada akun Youtube @felicia.tjiasaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek prosedural dan teknis, konten investasi menyuguhkan tutorial dan penggunaan media investasi. Pada aspek sosiokultural yaitu hadirnya interaksi sosial melalui sapaan dan ucapan lainnya pada konten sebagai upaya melibatkan audiens. Pada aspek kognitif mengajak audiens untuk kritis menilai emiten tertentu atau mengajak audiens untuk menganalisis profil perusahaan. Secara keseluruhan, penelitian ini mengidentifikasi konten investasi mengandung pesan informatif dan edukatif dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi dalam investasi yang cerdas dan bertanggung jawab di kalangan masyarakat digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025