Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar biologi untuk memberikan pengalaman konkret kepada siswa. Kawasan Danau Sebedang, yang memiliki keanekaragaman ekosistem dan potensi lokal, dianalisis kelayakannya sebagai sumber belajar biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan kawasan Danau Sebedang sebagai sumber belajar biologi berdasarkan aspek kemudahan akses, keamanan, efisiensi waktu, biaya, dan kesesuaian materi ajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada 12 guru Biologi/IPA di Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. Data dianalisis dengan menghitung persentase jawaban responden pada lima aspek kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Danau Sebedang memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi untuk digunakan sebagai sumber belajar biologi, dengan presentase kemudahan akses sebesar 84%, keamanan 86%, efisiensi waktu 83%, biaya 86%, dan kesesuaian materi ajar 86%. Rata-rata keseluruhan skor kelayakan mencapai 85%, yang tergolong dalam kategori "sangat layak". Temuan ini menunjukkan bahwa kawasan Danau Sebedang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran biologi di tingkat SMP dan SMA, khususnya dalam materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan pencemaran lingkungan. Pemanfaatan kawasan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Kata Kunci: Danau Sebedang, Sumber Belajar, Biologi, Kelayakan, Pendidikan Lingkungan
Copyrights © 2024