Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model manajemen yang memberikan hak otonomi kepada sekolah untuk mengatur sekolahnya secara mandiri. Kemandirian tersebut sebenarnya merupakan tanggung jawab yang diberikan kepada sekolah khususnya kepada kepala sekolah agar dapat membawa kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Dalam penerapannya, Manajemen Berbasis Sekolah membutuhkan pemahaman luas terkait konsep-konsep dasarnya. Dukungan kepala sekolah, partisipasi guru, evaluasi berkala, dan penggunaan dana yang efektif merupakan kunci keberhasilan implementasi MBS. Contoh penerapannya pada satuan pendidikan menunjukkan bahwa sekolah yang menerapkan model tersebut mampu menjadikan sekolah sebagai tempat pemberdayaan sumberdaya manusia yang dimiliki serta mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Jurnal ini menyimpulkan bahwa pengelolaan yang baik dan dukungan dari semua pihak menjadi kunci keberhasilan implementasi MBS di sekolah tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025