Tata ruang dan fasilitas studio desain memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar mahasiswa.Peningkatan jumlah mahasiswa desain interior ISI Yogyakarta dari tahun ke tahun membuat ruangstudio desain interior ISI Yogyakata membutuhkan evaluasi berkala terkait aspek fisik seperti tataruang dan fasilitas demi mendukung keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalahmengevaluasi tata ruang, sirkulasi, kapasitas dan kelayakan fasilitas ruang pada salah satu ruangstudio di program studi desain interior ISI Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalahdeskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi ruang dan kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menilai tata ruang, kapasitas, sirkulasi dankelayakan fasilitas ruang studio berada pada rentang tidak hingga kurang baik. Penyesuaianterhadap jumlah pengguna sesuai kapasitas ruang dan penjadwalan perkuliahan dengan sistem blokdapat dipertimbangkan sebagai solusi terhadap permasalahan tata ruang dan sirkulasi, sedangkanpembaruan dan penyesuaian fasilitas sesuai kebutuhan pengguna dapat digunakan sebagai salahsatu solusi terhadap permasalahan fasilitas dan kelayakan.
Copyrights © 2024