Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII pada struktur teks deskripsi. Metode deskriptif dengan bentuk kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak sebagai subjek penelitian dan lembar kerja siswa sebagai objeknya. Menggunakan teknik langsung, yaitu teknik tes soal, kuesioner/angket, wawancara, catat, dan dokumentasi. Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII terhadap struktur identifikasi diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 8 siswa dengan persentase 16%, 21 siswa dengan persentase 42%, 16 siswa dengan persentase 32%, dan 4 siswa dengan persentase 8%. Terhadap struktur deskripsi bagian diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 5 siswa dengan persentase 10%, 20 siswa dengan persentase 40%, 24 siswa dengan persentase 48%. Struktur simpulan diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 17 siswa dengan persentase 34%, 16 siswa dengan persentase 32%, 16 siswa dengan persentase 32%. Hipotesis penelitian ini adalah chi hitung lebih besar dari chi tabel yaitu 34,7 > 16,9. Artinya hipotesis nol (Ho) penelitian tersebut ditolak, yang mengatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak dalam pembelajaran teks deskripsi itu rendah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang mengatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri Pontianak tinggi .  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024