Keraton: Journal of History Education and Culture
Vol 6 No 2 (2024): December

Permainan Ayunan Jantra di Banjar Kerobokan, Desa Munggu, Badung Kajian Tentang Latar Belakang, Dampak, dan Potensinya sebagai Sumber Belajar di SMA

I Putu Dandy Riartha (Unknown)
I Made Pageh (Unknown)
I Wayan Putra Yasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, mengetahui latar belakang permainan AyunanJantra di Desa Munggu, Mengwi, Badung, Bali, untuk mengetahui dampakpermainan Ayunan Jantra bagi masyarakat Banjar Kerobokan di Desa Munggu,Mengwi, Badung, Bali, untuk mengetahui aspek-aspek dari permainan AyunanJantra yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SMA. Metode yangdigunakan di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganteknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, studi dokumendan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber,interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwapermainan Ayunan Jantra dibuat tahun 1930 untuk mensejahterahkan SkahaAyunan Jantra dengan latar belakang adanya krisis yang disebabkan oleh kenaikanpajak oleh kolonial Belanda. Permainan Ayunan Jantra memiliki dampak sosialyaitu terciptanya Skaha Ayunan Jantra Nugraha dan memiliki dampak ekonomiyang mensejahterakan Skaha. Adapun aspek-aspek dari permainan Ayunan Jantrayang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SMA dikarenakan permainanAyunan Jantra memiiki sejarah yang dapat dijadikan sebagai sumber belajarsejarah lokal pada pendidikan formal tepatnya pada Fase E (Kelas 10), semester1, Bab II dalam materi “Penelitian Sejarah Lokal”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

keraton

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Keraton: Journal of History Education and Culture Is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science and history education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...