Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 8, No 1 (2025): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PEMERAN BARISTA) BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMP KELAS VIII

Saputra, Dwiki Adi (Unknown)
Tiara, Icha (Unknown)
Sari, Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi salah satu faktor siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika secara terkonsep sehingga menyebabkan siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian  ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang inovatif berupa Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Pemeran Barista) Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada  Siswa. Subjek dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Pringsewu tahun Pelajaran . Metode riset yang digunakan adalah riset pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D Trianto, 2009, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa instrumen lembar validasi media, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa serta tes hasil belajar untuk mengetahui keefektifan media “Pemeran Barista”. Kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Pemeran Barista dilihat berdasarkan data angket respons siswa, didapatkan hasil perhitungan nilai kelayakan media sebesar 89%, maka media ini masuk dalam kriteria Baik/valid/efektif untuk digunakan. Dan berdasarkan data hasil tes akhir yang diujikan pada kelas uji didapatkan hasil perhitungan persentase siswa yang lolos KKM sebesar 69,67%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...