Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi salah satu faktor siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika secara terkonsep sehingga menyebabkan siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang inovatif berupa Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Pemeran Barista) Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Subjek dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Pringsewu tahun Pelajaran . Metode riset yang digunakan adalah riset pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D Trianto, 2009, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa instrumen lembar validasi media, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa serta tes hasil belajar untuk mengetahui keefektifan media “Pemeran Baristaâ€. Kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Pemeran Barista dilihat berdasarkan data angket respons siswa, didapatkan hasil perhitungan nilai kelayakan media sebesar 89%, maka media ini masuk dalam kriteria Baik/valid/efektif untuk digunakan. Dan berdasarkan data hasil tes akhir yang diujikan pada kelas uji didapatkan hasil perhitungan persentase siswa yang lolos KKM sebesar 69,67%.
Copyrights © 2025