Minimnya sumber belajar interaktif yang berdampak pada hasil belajar siswa menjadi pemicu penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber belajar Canva terhadap prestasi belajar siswa kelas III IPAS SD. Alat desain visual berbasis web yang disebut Canva Media digunakan untuk membuat materi pendidikan meliputi infografis, presentasi, poster, dan film pembelajaran yang membantu siswa belajar lebih banyak. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan metodologi kuantitatif dan eksperimen. Subjek penelitian adalah dua puluh siswa kelas tiga SDN Sumurpule. Untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa digunakan tes. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest. Rata-rata skor siswa pada pretest adalah 65. Setelah dilakukan perlakuan media Canva meningkat menjadi 85. Data tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas, diperoleh hasil signifikansi 0,200 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti media pembelajaran Canva berpengaruh terhadap hasil belajar siswa cukup signifikan. Selain itu dari uji N-Gain diperoleh presentase sebesar 61,75% yang berarti media pembelajaran Canva berpengaruh terhadap hasil belajar siswa cukup efektif. Dari hasil analisis data, media pembelajaran Canva berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPAAS kelas III SD.
Copyrights © 2025