JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Perancangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Animaker di Kelas VII SMPN 2 Sungai Pua

Fahrozianto, Fahrozianto (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Zakir, Supratman (Unknown)
Efriyanti, Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran pada pembelajaran informatika. ketika pembelajaran berlangsung media yang digunakan hanya media powerpoint yang tidak dapat menjelaskan konsep abstrak pada materi pembelajaran secara terperinci dan siswa lebih terfokus pada teks yang ada di slide powerpoint dari pada mendengarkan penjelasan guru. Guru harus beradaptasi dan berinovasi untuk mengatasi masalah ini dan memastikan bahwa pelajaran yang mereka ajarkan dikomunikasikan secara efektif. Tujuan dari proyek ini adalah menggunakan Animaker untuk membuat produk video animasi yang akan memotivasi anak-anak untuk belajar. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmant (R&D) dengan menerapkan model penelitian 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada media yang dihasilkan dilakukan penyebaran angket untuk uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Guru dan siswa dapat menggunakan video animasi yang merupakan video pembelajaran informatika melalui alamat tautan. Hasil uji validitas dari tiga validator menunjukkan nilai 0,83 dalam kategori valid, hasil uji praktikalitas dari delapan orang praktisi menunjukkan nilai 0,90 dengan kategori sangat tinggi, dan hasil uji efektivitas dari dua puluh empat siswa menunjukkan nilai 0,94 dalam kategori efektivitas tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...